Pendaftaran SPMU sampai 5 Juli 2010

Pendaftaran Seleksi Penerimaaan Mahasiswa Unnes (SPMU) akan berlangsung hingga 5 Juli mendatang. Semula, pendaftaran ujian mandiri itu dijadwalkan 3 Juni sampai 2 Juli 2011.
“Pemunduran penutupan pendaftaran untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang tidak diterima di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis agar bisa mengikuti seleksi ini. Sebagaimana kita ketahui, SNMPTN Tulis baru diumumkan hasilnya 30 Juni,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Agus Wahyudin kepada unnes.ac.id.
Dikemukakan pula, sekalipun SPMU merupakan ujian mandiri, mahasiswa yang dterima di jalur ini akan masuk di kelas reguler, bukan paralel. “Dengan begitu, biaya kuliah yang dibayarkan, mulai dari registrasi hingga wisuda nanti, tidak serupiah pun berbeda dari mereka yang diterima lewat SNMPTN,” kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi ini.
Menanggapi masih adanya program studi yang sepi peminat hingga hari ke-26 masa pendaftaran, PR I mengemukakan beberapa kemungkinan. “Pada umumnya para calon pendaftar menunggu hasil SNMPTN, karena memang SNMPTN tahun ini digelar lebih dahulu. Baru setelah tidak diterima, mereka mendaftarkan diri di jalur seleksi mandiri. Selain itu, mungkin sekali para pendaftar belum tahu bahwa prodi yang selama ini sepi peminat, sesungguhnya potensial sebagai penopang meraih masa depan,” katanya.
Diingatkan pula, dibandingkan dengan SNMPTN, SPMU jauh lebih lengkap dari sisi program studi yang diikutkan. “Tidak hanya program S1, tetapi juga D3 yang notabene untuk melahirkan lulusan siap kerja sehingga prinsip link and match betul-betul menjadi pertimbangan utama. Jadi saya tegaskan, tidak ada satu pun program D3 yang kami buka yang lulusannya tidak dibutuhkan oleh dunia kerja,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar