Mahasiswa Sebenarnya -_-

Pada saat lulus dari sekolah menengah atas dan melanjutkan kuliah, seorang yang dulunya siswa menjadi seorang mahasiswa. Dimana mahasiswa sangat berbeda jauh dengan siswa. Perbedaan antara mahasiswa dan siswa yang paling menonjol adalah cara berpikirnya dimana mahasiswa lebih dapat berpikir secara dewasa dan logis dalam menghadapi suatu masalah dibandingkan dengan siswa.  Seorang mahasiswa harus bisa menghilangkan sifat-sifat yang masih kekanak-kanakan pada saat masih sekolah dahulu. Mahasiswa tidak hanya sekedar menjadi mahasiswa saja yang hanya mengikuti kuliah setelah itu pulang ke rumah atau kos (KuPu2) , namun mahasiswa juga harus mengerti tentang peran dan fungsi dirinya sebagai mahasiswa. Mahasiswa harus memiliki peran dan fungsi dalam lingkungannya maupun diluar lingkunganya.

Menjalankan peran dan fungsi sebagai mahasiswa sangat penting dalam membuat perubahan-perubahan positif pada bangsa oleh generasi muda ini. Di negeri ini sangat membutuhkan generasi-generasi muda yang cerdas dan prestasi sehingga mampu membawa perubahan di negara ini. Untuk dapat menjalankan peran dan fungsi mahasiswa tersebut harus terlebih dahulu  membentuk sebuah kepribadian yang sangat diperlukan dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai mahasiswa. Membentuk sebuah kepribadian memang sangat tidak mudah, tetapi jika dilakukan secara terus menerus maka akan menjadi sebuah kebiasaan dimana nantinya akan dapat menjadi bagian yang ada dalam diri seseorang.

Dalam hal ini, pribadi yang perlu dimiliki oleh mahasiswa adalah adaptis, maksud dari adaptis ini adalah mahasiswa mampu beradaptasi di berbagai lingkungan manapun dimana dia berada. Sifat adaptis ini sangat perlu dimiliki karena jika mahasiswa tidak dapat beradaptasi atau menyesuaikan dirinya dengan lingkungan ataupun dengan orang lain maka mahasiswa tentu tidak dapat menjalankan kehidupannya dengan nyaman dan tenang, sehingga mahasiswa tersebut akan mengalami kesusahan dalam mencapai prestasi atau kariernya. Selain mengalami kesusahan dalam mencapai prestasi, mahasiswa juga tidak bisa menjalankan peran dan fungsi  sebagai mahasiswa karena dalam berinteraksi dengan sesama pertama harus menyesuaikan dirinya sendiri dengan sekitarnya agar terbentuk suatu komunikasi yang baik antar mahasiswa itu sendiri.

Kedua mahasiswa harus memiliki pribadi yang tanggap, tanggap adalah cepat dalam menyikapi suatu masalah atau kejadian. Dalam kehidupan mahasiswa banyak sekali masalah yang harus dihadapi dan diselesaikan dengan cepat.  Dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai mahasiswapun juga diperlukan sifat tanggap karena  dalam suatu organisasi kemahasiswaan  pasti ada masalah-masalah yang muncul, oleh karena itu jika mahasiswa kurang tanggap dalam menghadapi masalah pasti tidak akan dapat berfikir secara sistematis untuk menghadapi masalah tersebut.

Terakhir mahasiswa juga harus memiliki pribadi prestatif, yang mana mahasiswa tersebut harus mampu memiliki prestasi yang bagus dalam bidangnya baik akademik maupun non akademik. Sifat Prestatif  selain mendapat nilai yang bagus juga prestatif dalam mengeluarkan ide atau gagasan yang berguna bagi orang banyak. Dalam menjalankan peran dan fungsinya, mahasiswa prestatif adalah mahasiswa yang aktif dalam menyikapi berbagai masalah. Dalam tindakannya tersebut tentu harus bemanfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Sebagai sosok mahasiswa sangatlah perlu memiliki kepribadian yang adaptis, tanggap, dan prestatif dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai mahasiswa. Kepribadian tersebut harus dilakukan terus menerus dan dimana saja. Seorang mahasiswa harus membiasakan diri melakukan pribadi-pribadi seperti di atas karena itu sangat penting dalam kehidupannya dalam mengikuti organisasi dan sebagainya. Jika mahasiswa tidak memiliki pribadi yang seperti itu maka dia tidak akan mudah dalam mencapai kesuksesannya karena dia tidak dapat beradaptasi dengan sekitarnya, tidak cepat dalam menyikapi suatu masalah serta tidak dapat berprestasi dalam hal apapun.

Ayo kawan mulai kita rubah paradigma masyarakat tentang MAHASISWA yang selama ini sudah banyak menganggap tidak lebih baik dari pengangguran yang lain... Semangat!!! -_-

1 komentar:

Anonim mengatakan...

SemangaT!!! :)

Posting Komentar