Sekilas Pandang Himatika Unnes

         Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Himatika FMIPA Unnes adalah suatu lembaga kemahasiswaan yang berkedudukan sebagai lembaga eksekutif di tingkat Jurusan Matematika FMIPA Unnes dan merupakan kelengkapan non struktural pada Jurusan Matematika.
Seperti halnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, Himatika FMIPA Unnes pun berasaskan pada Pancasila.Sila-sila pada pancasila sebagai dasar untuk meniti langkah-langkah di Himatika.
Kedaulatan tertinggi Himatika berada di tangan mahasiswa matematika yang diwujudkan dalam Kongres Mahasiswa Matematika ( KMM ).Setiap ketetapan-ketetapan yang ada dalam KMM merupakan suatu landasan bagi Himatika.

            Himatika bersifat demokratis, aspiratif, partisipatif, representatif, efektif dan efisien dari, oleh dan untuk mahasiswa.Himatika FMIPA Unnes sendiri bertujuan untuk membentuk manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan luas, memiliki kepribadian luhur dan bersolidaritas tinggi.
Fungsi Himatika :
  1. Wahana peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Wahana pembinaan kepribadian mahasiswa matematika.
  3. Wahana menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa Jurusan Matematika.
  4. Wahana pemersatu mahasiswa Matematika
  5. Wahana pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi
  6. Wahana pengembangan ketrampilan dan kreatifitas mahasiswa.
Anggota Himatika adalah mahasiswa jurusan Matematika, yang masih terdaftar dan aktif kuliah.

            Kepengurusan dipimpin oleh seorang ketua, dan untuk menjalankan setiap program kerjanya, dibentuk beberapa departemen yang diketuai oleh ketua departemen. Ada lima departemen yang melaksanakan seluruh kegiatan Himatika yaiut :
  1. Departemen Penalaran [A] 
  2. Departemen Bakat dan Minat [B] 
  3.  Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa [C] 
  4.  Departemen Pengabdian Pada Masyarakat [D] 
  5.  Departemen Penelitian dan Pengembangan Organisasi [E]
Sumber dana Himatika diperoleh dari iuran anggota, dana kemahasiswaan, dan sumber lain yang sah dan halal serta tidak bertentangan dengan asas, sifat, prinsip dan tujuan organisasi.

Demi terwujudnya Himatika yang memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi dan mampu mengembangkan potersi mahasiswa di Jurusan Matematika, diperlukan usaha yang keras dari setiap elemen yang terkait. Dari semua elemen baik pengurus Himatika meliputi Pengurus Harian, Departemen Penalaran, Departemen Bakat Minat, Departemen Advokasi dan Kesejahteraan, Departemen Pengabdian pada Masyarakat, Departemen Penelitian dan Pengembangan Organisasi, Underbow Himatika meliputi MSC-KIM-MJC-MEC-Sigma-The MATe, seluruh mahasiswa matematika sebagai anggota Himatika, pihak Jurusan Matematika sebagai pelindung Himatika, dan masyarakat di luar Universitas Negeri Semarang. Oleh karena itu, diharapkan Himatika dapat menjembatani masing-masing elemen diatas.

Suatu organisasi akan berjalan dengan lancar dan baik manakala seluruh pengurus mempunyai visi dan misi yang sama. Kerja keras serta pantang menyerah untuk mencapai tujuan menjadi komitmen bersama. Solidaritas menyatukan hati antar para pengurus dan menguatkan rasa kebersamaan yang selalu harus selalu ditingkatkan. Oleh karena itu, kami menyusun agenda kegiatan Himatika 2010 dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Himatika 2010 sebagai pedoman kami dalam melaksanakan kegiatan dalan satu periode ini.


Download Dokumen [doc] klik disini Tentang Himatika

0 komentar:

Posting Komentar