BELAJAR & BEKERJA === KULIAH & PROFESI

Ehm, Bismillah baiklah untuk pagi ini ingin sedikit menuliskan apa yang akan saya diskusikan dengan teman2 mahasiswa nanti. Sebuah tulisan singkat tentang, KULIAH, BELAJAR, PROFESI yang bersangkutan dengan ilmu matematika.

Sebelum menyampaikan apa yang saya jalani dan jadi pengalaman indah hidup saya, kemarin saya sempatkan untuk bertanya ke teman2 tentang beberapa hal  :
  1. Bagaimana dan apa yang teman2 rasakan SEBELUM, SAAT dan SETELAH Kuliah.
  2. Saat kuliah ada kesibukan lain (kerja) atau tidak? kalau ada kerja atau usaha apa?
  3. Pada sibuk kerja dimana sekarang??
  4. Setelah lulus menurut teman2 ilmu matematika (saat kuliah) apa yang saat ini paling bermanfaat (masih dipakai) dengan kerja teman2??
  5. Saran teman2 untuk mahasiswa yang masih kuliah apa?
Ada dua jawaban yang mungkin hampir sama dengan apa yang ipul rasakan.

Jawaban dari mas Agung : " (1) -Sebelum Kuliah (SD,SMP,SMA) : kayaknya kuliah asyik ya,pake baju bebas (efek cuma liat asyiknya aj di tipi2) - Saat Kuliah : ternyata gak Se-Asyik yg dibayingin dulu -Setelah Kuliah : Banyak pelajaran (akademik dan nonakademik) berharga (salah satunya melihat kuliah tdk dari 'Asyiknya' sj) (2) Organisasi + Nyambi mengajar (bhs ngetrendnya 'ngelesi') dri rumah ke rumah, sama mencoba cari pasangan tapi banyak gagalnya (3) Sedang sibuk Gak Kerja (4) Krena blm kerja jd gak tau,hehe. Tp dg kondisi yg sdg sy alami skg terlihat dg jelas bahwa ilmu Matematika sebagai dasar dari ilmu komputer (ini scra ilmu akademik yg didpt saat kuliah) ini cntoh yg msh sngt minin scra luas lebih bnyak. Klo menurutku ad perubahan pola pikir saat aq kuliah matematika,logika mjd semakin menggila hehehe. (Ini bs dimanfaatkan utk bidang pekerjaan diluar akademik). Tp ini cuman perasaanku kali aj salah. (5) Saran utk yg masih kuliah : wong aq aj masih kuliah kok,mbokan saru ngei saran sing jek sama kuliahnya... Cobalah usahakan selalu mulai fokus dn menikmati dg apa yg kita lakukan/sukai skg,coba2 hal baru jg bagus utk pengalaman dn mencari-cari hal akan paling disukai di masa nanti. Dan saran nomor (5) inipun sdg aku coba lakukan hehe... Oya terakhir banyak2 do'a,baik sama temen/org lain,perbnyk sedekah dn amal. Selalu dengarkan nasihat org tua khusunya Ibu (inipun sdg aq coba). Jd mau coba silahkan gak coba jg gpp.Sekian!"

Jawaban dari mas Henry : "1. saat sebelum kuliah yang saya rasakan adalah perasaan seneng akan menemui lingkungan baru teman baru dan kehidupan dan perasaan sedih melepas masa sma yg biasa disebut putih abu abu yg merupakan masa yang gak bisa ulangi lagi. saat kuliah banyak hal yg terjadi yang membuat lebih jauh melangkah dalam kehidupan. bertemu teman-teman yang mempunyai passion sama, bergabung dengan himatika kemudian menyalurkan hobi kepetualangan. semua itu memjadikan pondasi kepribadian saya yg sekarang. setelah lulus kuliah yang saya simpulkan bahwa rejeki kita sudah ada yg mengatur untuk setiap orang. gak usah iri kalau ipknya lebih tinggi. karena rejeki masing masing memang beda.

2. waktu kuliah banyak dihabiskan menjadi anggota organisasi kampus, kerja freelance dibeberapa tempat, jualan kecil-kecilan dan menjadi sopir carteran.
3. sementara kerja serabutan menunggu waktu mau melanjutkan kuliah ke jenjang S2. 
4. belum banyak ilmu yg diterapkan karena masih kerja serabutan menunggu kuliah S2. tapi yang dominan adalah dasar-dasar logika. saya gunakan dalam segala pengambilan keputusan hidup.
5. follow your passion. asah kemampuan yg kalian suka. lulusan yg bagus harus punya differensiasi dengan orang lain. istilahnya punya nilai jual. banyak2 ikut organisasi. karena banyak pekerjaan yang membutuhkan softskill kerja team. kalau lulus tidak tepat waktu silahkan asal kalian tahu mau kemana setelah lulus dan punya kemampuan yang menjual didunia kerja.
THANKS."

Dari dua uraian pengalaman kedua sahabat ipul diatas sebenarnya sedikit membantu sekaligus mengingatkan semua pengalaman dari masa MA, KULIAH sambil nyambi2, hingga saat ini bekerja.
Ukey mulai cerita dengan pengalaman dan sejarah yang ipul lukiskan.
Langsung kita mulai kenapa ipul memilih jurusan matematika, kalau teman2 milih matematika mungkin karena emang pinter dan ahli di bidang matematika nah itu ipul beda sedikit deh, kalau dikatakan pinter sepertinya belum orang nilai lulusan cuma 50-sekian kok. Jadi sebenarnya ipul milih matematika karena mikirnya murah dan mudah tanpa membutuhkan yang lain. eh ternyata meleset perkiraannya.
Selanjutnya bagaimana saat kuliah, singkatnya ipul pernah jadi tukang bangunan, pegawai FC, jagain toko, sampai dengan guru untuk adek2 di kelas dan ngajari mahasiswa S2, saat masih kuliah.
berorganisasi adalah hobi ipul saat kuliah sampai2 hampir saja kuliahnya dikalahkan oleh kesibukan organisasi dari HIMATIKA, IKAHIMATIKA, MCC dll. Terus yang didapatkan apa saja?? buanyak, nanti akan dicritakan saat di acara TSP.
Masuk ke profesi ipul yang bersangkutan dengan ilmu matematika dan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan matematika.
Saat ini ipul kerja di KPRI Handayani dengan posisi sebagai staff IT dan Koordinator Unit Biro TOUR dan ticketing. Kelihatan kerjaan mana yang berhubungan dengan ilmu matematika dan yang tidak berhubungan dengan matematika. IT berhubungan dengan matematika saya kira semua paham ilmu matematika mana yang berhubungan dengan IT, nanti ipul critaain juga. Nah lo kerjaan yang kedua sebagai koordinator Biro dan ticketing apa coba hubungannya dengan matematika??? Nanti ipul akan coba ceritakan juga kenapa bisa kerja disitu.

Yang pasti tak ada ilmu yang tidak bermanfaat, apapun yang saat ini teman2 mahasiswa jalani dari kuliah di ruangan dengan  setumpuk materi dibarengi tugas dari dosen, kesibukan Organisarotis yang tidak kalah banyak dengan kuliah, kerja sambilan dari jualan ilmu sebagai guru keliling (kerennya guru private), kesibukan sebagai anak perantauan dan masih buanyak lagi, semua itu kedepan pasti akan sangat membantu kebermanfaatan bagi teman2 ketika sudah melepaskan gelar mahasiswanya dan turun ke masyarakat.
dan Ingat, ketika sudah melepas gelar mahasiswanya teman2 akan dianggap sedikit lebih dari mahasiswa biasa. Jadilah masyarakat yang lebih sedikit lebih baik juga.
Profesi hanya jalan untuk kita mengaplikasikan apa yang kita dapat, mungkin, tapi tidak harus seperti itu yang paling penting apapun profesi kalian nantinya tetap bermanfaat adalah tujuan utama karena itulah yang akan masyarakat lihat dari teman2 semuanya.
Kayak moto ipul "Menjadi yang terbaik, yang bermanfaat bagi orang lain"
Maaf geh kalau tidak jelas karena tulisan ini ditulis spontan karena lihat laptop teman kamar sebelah yang lagi online dan nganggur, disambi ngobrol bareng2 anak kos dipagi hari sekalian nyambi jamuan nasi krempyeng dan sate pasar krempyeng hehehe... lengkapnya akan secara khusus ipul ceritakan dan berbagi diacara Talk Show Profesinya MSC hari ini...


SUKSES BUAT SEMUANYA...
#TSP MSC HIMATIKA UNNES...

^_^

0 komentar:

Posting Komentar