ANALISA TERHADAP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN YANG DI KEMBANGKAN OLEH DEPOK SPORTS CENTER (UTS_SIM)


ANALISA TERHADAP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN YANG DI KEMBANGKAN OLEH DEPOK SPORTS CENTER
Disusun dalam rangka Ujian Tengah Semester
Mata Kuliah             : Sistem Informasi Manajemen
Dosen Pengampu     : Muhammad Kharis, S.Si., M.Sc.
 

  
Oleh :
Nama : Saiful Amin
NIM : 4150408019

JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011


ANALISA TERHADAP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN YANG DI KEMBANGKAN OLEH DEPOK SPORTS CENTER
A. PENDAHULUAN
Depok Sport Center adalah perusahaan yang bergerak dibidang olahraga yang memiliki gedung olahraga dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman dikawasan seturan Yogyakarta. Dalam hal  penyampaian informasi dan promosi yang up-to-date secara luas. Selama ini informasi yang di dapatkan masyarakat tidak hanya melalui media brosur,  surat kabar, dan spanduk serta agar informasi lebih efektif dan efesien dalam penyampaian informasi tersebut. Selain itu saat ini Depok Sports Center telah memiliki media teknologi berbasis Internet dalam penyampaian informasi dan promosi (dengan alamat http://depoksportscenter.com/)
Teknologi berbasis Internet berupa jaringan komputer  global  yang paling berkembang pesat saat ini. Informasi yang lengkap serta jangkauan yang luas hingga seluruh penjuru dunia dapat di sampaikan lewat media internet. Hal ini dijadikan solusi yang tepat untuk dipilih sebagai alat  dalam penyampaian informasi maupun promosi yang dilakukan oleh Depok Sports Center. Salah satu teknologi internet yang dapat digunakan adalah  World Wide Web  yaitu teknologi berbasis web yang mampu memberikan informasi dalam bentuk teks, gambar, video dan  suara. Suatu harapan dengan hadirnya teknologi Internet berbasis web pada perusahaan dalam penyampaian informasi maupun promosi dapat dilakukan secara efektif dan efesien.
B. ANALISA SISTEM
Analisis sistem berguna untuk mengetahui gambaran umum mengenai sistem yang sedang berjalan atau sistem yang ada saat ini. Dalam tahap analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan, diantaranya adalah mengidentifikasi masalah, memahami proses kerja, menganalisis sistem, dan membuat laporan hasil dari analisis tersebut. Dari penguraian analisis dapat di identifikasi dan dievaluasi permasalahan, kesempatan serta hambatan yang terjadi sehingga suatu sistem baru yang di usulkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.
Analisis kekurangan atau kelemahan sistem bertujuan untuk  mengidentifikasi  permasalahan yang ada pada perusahaan atau objek penelitian. Pengukuran kelemahan sistem lama di lihat dari penyampaian informasi dan media promosi yang digunakan selama ini. Untuk menentukan sistem baru yang akan dibangun maka diperlukan suatu analisis yang dapat menguraikan permasalahan yang ada pada sistem lama sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam membangun sistem yang baru, yakni dengan menggunakan analisis PIECES  (Performance, Information, Economic, Control, Effeciency, Services).


C. Pembahasan Analisa Website Depok Sport Center (Http://Depoksportscenter.Com/)
1.  Antar muka Halaman Utama (Home)
Halaman utama atau  index  digunakan sebagai halaman pertama saat situs web diakses oleh penggunjung atau user. Pada halaman ini pengunjung dapat melihat berita terbaru mengenai proses bisnis perusahaan, daftar fasilitas olahraga yang terdapat pada perusahaan, melihat status jadwal latihan insidental badminton,  link kategori pendaftaran member olahraga Depok Sports Center,  form login member web dan  link pendaftaran member web, member yang sedang online, dan statistik kunjungan situs web.
Gambar Halaman Utama (Home)
 
 

2.  Antarmuka Halaman Profil
Halaman profil digunakan untuk menampilkan profil perusahaan dan denah lokasi perusahaan.
Gambar Halaman Profil
 

3. Antarmuka Halaman Berita
Halaman ini digunakan  untuk menyampaikan serta mengarsipkan berita yang ada di situs website kepada pengunjung web tetang berita terbaru.
Gambar Halaman Berita
 
D.  Kekurangan situs web Depok Sports Center
a.       Tidak terdapat fitur atau menu untuk menambah, menghapus, dan mengubah menu pada website maupun merubah interface atau layout halaman web.
b.      Proses pemesanan jadwal latihan insidental badminton hanya dapat dilakukan untuk pemesanan jadwal latihan 1 hari setelah pemesanan.
c.       Jika member tidak  logout  atau keluar dari halaman member tanpa mengeksekusi menu logout, maka status  online  member tetap ’On’, namun hal ini dapat dikendalikan dihalaman admin pada menu data user untuk memproses setting member menjadi ’Off’ agar member dapat login kembali dengan normal.
d.      Tidak terdapat banyak fitur pada halaman forum, karna forum yang dibangun masih sederhana
e.       Kurang update atas segala informasi yang diberikan kepada pengunjung dikarenakan personel admin yang masih kurang.
E. Rencana Pengambangan dan Implementasi Sistem 
Pengembangan dan Implementasi sistem dilakukan setelah pengujian dan publikasi sistem dilakukan, Adapun yang perlu dilakukan setelah  pengujian dan publikasi sistem  adalah sebagai berikut :
a.  Pemilihan dan pelatihan personil.
Pelatihan yang akan diberikan berupa simulasi dari cara kerja website secara keseluruhan dalam mengelola data serta laporan yang ada. Pelatihan akan dilakukan selama satu hari, dikarenakan calon administrator web telah mempunyai kemampuan dasar dalam mengoperasikan aplikasi website.
b.  Pemilihan tempat dan instalasi perangkat keras dan perangkat lunak
Pelatihan dilakukan dikantor perusahaan menggunakan komputer dan koneksi internet yang telah ada pada perusahaan. Secara keseluruhan installasi perangkat keras dan perangkat lunak tidak perlu dilakukan, karena  sudah terpasang pada komputer perusahaan.
F. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil pembahasan serta menganalisa kekurangan dari suatu situs atau Sarana Informasi pada Depok Sports Center Yogyakarta, secara umum dapat diambil kesimpulan  yaitu Depok Sports Center membutuhkan media yang dapat diakses selama 24 jam nonstop tanpa batasan jarak dan waktu  oleh pengguna informasi, dan mampu meminimalisir biaya pengeluaran dalam hal promosi dan biaya proses pemesanan lane badminton serta diharapkan dengan adanya web Depok Sports Center dapat meningkatkan citra perusahaan sehingga dapat dikenal diseluruh penjuru dunia.

0 komentar:

Posting Komentar