Kepemimpinan serta MOTIVASI Berorganisasi dan Berprestasi -_-

Setiap manusia diberikan potensi belajar dan potensi memimpin, hal ini di dasari oleh Q.S. Al Baqoroh ayat 30 – 40 yaitu tentang kisah penciptaan Nabi Adam sebagai bukti manusia memiliki potensi belajar dan Al Hadist yang berbunyi “ kamu semua adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya ”.

KEPEMIMPINAN
Definisi kepemimpinan dan pemimpin Kepemimpinan (leadership) adalah suatu proses yang kompleks di mana seseorang mempengaruhi orang-orang lain untuk mencapai suatu misi, tugas, atau suatu sasaran, dan mengarahkan organisasi dengan cara membuatnya lebih kohesif dan lebih masuk akal. Pemimpin adalah Seseorang yang menduduki suatu posisi di kelompok, yang dapat mempengaruhi, memulai suatu tindakan , memberi arah, mengambil keputusan, dan menyelesaikan perselisihan diantara anggota kelompok serta memberi dorongan dan mengarahkan kelompok untuk mempertahankan diri serta mencapai tujuannya.
Gaya kepemimpinan
Gaya kepemimpinan adalah pola berprilaku antara sang pemimpin (leader) dengan yang dipimpinnya (follower), saat ini dikenal ada 4 gaya kepemimpinan, yaitu : Liberal / laizes Faire, Otoriter, Demokratis, Situsional Karakteristik Pemimpin yang Efektif Bagaimanakah mengasah potensi kepemimpinan kita agar menjadi pemimpin yang berkualitas?. Oleh karena itu, ada tujuh kriteria / karekteristik yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar bisa menjadi pemimpin yang efektif yaitu :
  1. Visioner (penunjuk jalan) : mempunyai visi (cara memandang kehidupan ini) yang jelas baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk organisasi yang dipimpinnya.
  2. Proaktif: Berani bertanggung jawab dengan pilihan-pilihan yang sudah dibuat,
  3. Etis : artinya kita tidak hanya mengerjakan sesuatu dengan” benar”, namun juga dengan “baik”.
  4. Kooperatif dan komunikatif adalah sikap bagaimana kita bisa bekerjasama dan berkomunikasi dengan orang lain secara baik.
  5. Disiplin diri : Bersedia “membayar harga” atas setiap cita-cita maupun target pendek yang diharapkan, dan mentaati peraturan dan kebijakan yang telah dibuat.
  6. Integritas : dapat dipercaya, jujur serta memiliki kepribadian yang utuh, satu kata dan perbuatan, sifat ini merupakan moda awal kepemimpinan Rasulallah SAW, yang disebut asshidqu.
  7. Kreatif : mampu memecahkan dan mengatasi berbagai masalah , serta memiliki daya tanggap tinggi terhadap berbagai situasi sulit sehingga mampu memiliki kendali langsung atas setiap persoalan yang dihadapinya. MOTIVASI BERORGANISASI dan BERPRESTASI Apa sih gunanya kuliah? Mencari gelar? Mengisi waktu luang daripada bengong di rumah? Atau jangan-jangan malah untuk mencari jodoh? Terlepas apapun yang ingin kita peroleh dari kuliah, masa kuliah sebenarnya adalah massa yang sangat berharga. Di saat-saat inilah kita bisa meraih hal-hal yang dapat menjadi investasi dimasa yang akan datang, jadi kehidupan semasa kuliah terlalu berharga hanya untuk dihabiskan di depan buku. Ada banyak pelajaran hidup yang perlu kita ambil diluar sana. Salah satu cara menyerap pelajaran-pelajaran hidup itu adalah dengan berorganisasi. Definisi Motivasi , Organisasi dan Prestasi Motivasi adalah keinginan atau kebutuhan dalam diri seseorang yang menggerakkannya untuk melakukan sesuatu untuk memenuhi keinginan tersebut. Motivasi bisa timbul dari internal individu dan eksternal individu. Organisasi adalah suatu kelompok orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang bergabung dalam suatu usaha mencapai tujuan bersama. Prestasi adalah hasil dari usaha yang telah dilakukan. Jadi Motivasi berprestasi dan berorganisasi adalah keadaan yang mendorong dan mengarahkan untuk mencapai keseimbangan antara prestasi belajar dan berorganisasi sehingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Memotivasi diri dalam belajar atau berprestasi
1. Bagi tugas yang besar menjadi beberapa bagian kecil
2. Gunakan aturan lima menit
3. Biasakan membaca dari buku-buku hobby kita
4. Tetapkan sasaran pada setiap waktu belajar.
5. Berilah penghargaan pada diri kita.
6. Tempel poster-poster di dalam kamar yang dapat memberi motivasi belajar.
7. Carilah bantuan bila diperlukan.

Memotivasi diri dalam berorganisasi
1. Tentukan organisasi yang baik buat kita
2. Ikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh organisasi tersebut.
3. Tentukan sasaran kita masuk organisasi tersebut.
Sukses organisasi dan prestasi Mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang tidak hanya mempunyai prestasi belajar yang baik tetapi juga mempunyai jiwa organisasi yang baik atau (sukses organisasi dan sukses prestasi).untuk menjadi mahasiswa yang ideal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
1. Buatlah Skala Prioritas. Terkadang motivasi dapat hilang karena terlalu banyak hal yang harus dilakukan. Penulis biasanya menggunakan prinsip SOL (Study, organisasi and lain-lain), dimana kita harus lebih mendahulukan studi dibandingkan organisasi dan lain-lain, tetapi itu bukan berarti kita meninggalkan organisasi dan lain-lain tersebut. 2. Manajemen Waktu: Buat daftar kegiatan yang hendak dikerjakan, Buat skala prioritas dari tiap kegiatan, Perkirakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tiap kegiatan, Alokasikan waktu untuk tiap kegiatan, Menghilangkan kebiasaan menunda, Belajar bilang “tidak”.
Harapan yang didapatkan dari organisasi
1. Mampu mendewasakan diri
2. Melatih keluwesan kita dalam bergaul dan bekerjasama dalam tim
3. Menantang kita untuk dapat membagi waktu
4. Dapat berkenalan dengan banyak orang
5. Menjadi pengalaman yang menarik bagi kita
Dari uraian di atas, jelas bahwa bukan sekadar IP yang perlu dicari dalam hidup. Ada begitu banyak unsur lain yang perlu kita dapatkan dalam masa-masa kuliah ini untuk meraih kesuksesan hidup. Karena nilai bukan satu-satunya yang perlu kita kejar, maka tentunya kita perlu mempunyai kehidupan lain selain berkutat di kelas dan laboratorium. Maka, hiduplah dengan seimbang. Belajar serius bukan berarti kita tidak bisa aktif berorganisasi dan bersosialisasi. Sejujurnya, banyak sekali ilmu yang justru akan kita dapatkan di luar kelas, ikutilah salah satu atau beberapa organisasi yang memang menarik bagimu. Motto seorang Mahasiswa Ideal : “ Jika ada seribu mahasiswa yang sukses organisasi dan prestasi, maka satu diantaranya adalah saya. Jika ada seratus mahasiswa yang sukses organisasi dan prestasi, maka diantaranya ada saya. Jika ada sepuluh mahasiswa yang sukses organisasi dan prestasi maka satu diantaranya adalah saya. Jika hanya ada 1 (satu) mahasiswa yang sukses organisasi dan prestasi, maka itu adalah saya. Namun jika tidak ada lagi mahasiswa yang sukses organisasi dan prestasi maka itu berarti saya sudah mati”.

0 komentar:

Posting Komentar